Mengenal Iklim Negara Jepang

Posted on

Berbeda dengan Indonesia yang beriklim tropis, Jepang diketahui memiliki iklim sedang. Selain karena terletak dibagian belahan bumi utara, iklim Jepang juga sering dipengaruhi angin muson. Meskipun secara umum negara Jepang memiliki iklim sedang, namun setiap daerah di Jepang memiliki anomali iklim yang berebeda. Di mana iklim negara Jepang bagian utara diketahui memiliki iklim dingin dengan curah hujan yang sedikit.

Iklim Negara Jepang
Iklim Negara Jepang

Sementara itu, bagian selatan negara Jepang sendiri memiliki anomali cuaca atau iklim yang bebada dengan daerah utara. Di mana, jika daerah utara memiliki iklim dingin dan sejuk bahkan saat musim panas, hal ini tidak berlaku pada bagian selatan negara Jepang. Bagian selatan negara Jepang ini memiliki cuaca yang sangat panas ketika musim panas tiba. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai iklim dan musim di Jepang, mari kita simak beberapa ulasan di bawa ini.

Musim-musim di Jepang

Jika di Indonesia memiliki dua musim yakni penghujan dan kemarau, berbeda halnya dengan musim di Jepang. Sebagai negara beriklim sedang, Jepang memiliki empat musim berbeda setiap tahunnya. Berikut ini ulasan musim-musim yang terjadi di Jepang.

  1. Musim Semi

    Musim semi merupakan musim bermunculannya bunga-bunga khas Jepang yakni Sakura. Biasanya, musim semi ini terjadi pada sekitar bulan Maret. Musim semi biasanya menjadi musim yang disambut gembira oleh masyarakat Jepang. Bisa dibilang, musim semi ini merupakan awal dari segala hal di Jepang dimulai. Pasalnya, biasanya awal musim semi ini dibarengi dengan awal masuk sekolah, kerja, dan juga pembukuan perusahaan.

  2. Musim Gugur

    Musim gugur merupakan musim di Jepang yang biasanya terjadi pada sekitar bulan September. Musim gugur ini merupakan tanda berakhirnya musim panas yang terjadi selama beberapa bulan. Di mana, datangnya musim gugur ini ditandai dengan rontoknya dedaunan di pohon-pohon. Musim ini juga sekaligus menjadi musim menjelang musim dingin yang biasanya akan berlangsung selama akhir tahun. Musim gugur terkenal dengan peristiwa menguningnya dedaunan yang biasa disebut dengan Momiji.

  3. Musim Panas

    Musim Panas biasanya terjadi sekitar bulan Juni hingga Agustus yang diawali dengan datangnya hujan selama satu minggu yang biasa disebut Tsuyu. Musim panas di Jepang sendiri biasanya bisa mencapai suhu sekitar 35 derajat celcius dengan kelembaban mencapai lebih dari 90%. Dengan cuaca yang begitu panas dan lembab tersebut, tidak heran musim ini menjadi musim yang sangat membosankan. Di musim Panas ini biasanya banyak di adakan festival diseluruh daerah di Jepang. Hal ini tidak mengherankan, pasalnya musim panas di Jepang biasanya menjadi musim liburan sekolah.

  4. Musim Dingin

    Bagi kita penduduk Indonesia yang beriklim tropis, mengetahui iklim negara Jepang yang sedang tentu akan cukup kagum. Terlebih lagi dengan musim dingin yang biasanya diwarnai dengan hujan salju. Musim di Jepang yang satu ini sendiri biasanya datang pada akhir tahun menjelang pegantian tahun. Banyak yang mengatakan jika disebuah negara beriklim sedang seperti Jepang musim dingin menjadi sebuah ujian tersendiri. Apalagi, dikawasan utara Jepang seperti Hokkaido yang pada musim dingin suhunya bisa mencapai -200 derajat celcius. Tak jarang jika musim dingin ini bisa menelan banyak korban jiwa.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai iklim di negara Jepang dan musim di Jepang. Dengan iklim dan musim yang berbeda dengan di Indonesia, ketika Anda berkunjung ke Jepang pada musim dingin tentu harus beradaptasi dengan drastis. Tak heran jika biasanya pada waktu musim dingin menjadi waktu yang kurang tepat untuk berwisata di Jepang.

Meskipun demikian, perbedaan iklim yang drastis di Jepang dan Indonesia ini justru biasanya menjadi daya tarik banyak wisatawan Indonesia untuk berwisata di Jepang. Banyak wisatawan Indonesia yang tertarik berkunjung ke Jepang pada musim dingin karena tertarik untuk bisa merasakan salju yang turun. Meskipun sebenarnya pada musim dingin ini sangat tidak disarankan untuk berwisata ke Jepang, nyatanya musim dingin memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *