Cara Membuka Usaha Di Jepang

Posted on

Apakah anda berminat membuka usaha di jepang? barangkali ketika ada rencana magang/kerja ke jepang sobat mempunyai impian memulai bisnis di negara itu. Memang bukan perkara yang mudah namun dengan kemampuan, pengetahuan dan tekad yang kuat. Membuka bisnis di luar Indonesia, terutama di jepang bukanlah perkara yang sulit. jika anda belum membaca cara megang ke jepang bisa membaca artikel sebelumnya tentang Cara Magang ke Jepang.

Saat ini Jepang sedang menggenjot ekonomi lewat sektor pariwisatanya, buat anda yang sebelumnya pernah magang di jepang dan jalan jalan ke berbagai tempat yang menarik dijepang. Kesempatan yang bagus bagi anda yang ingin membuka usaha disana terutama di bidang jasa. dan semakin banyaknya jumlah wisatawan dari wilayah negara-negara muslim peluang usaha bagi orang indonesia di jepang pun semakin beragam.

Soal izin usaha orang asing di jepang selama perusahaan resmi perizinannya dan diakui, tidak ada batasan bagi anda membuka bidang usaha apapun. Seperti industri pariwisata, bisnis restoran, bisnis kirim barang atau usaha lainnya.

Syarat-syarat Untuk Membuka Usaha Di Jepang.

Jika anda tertarik membangun bisnis di Jepang, ada tahapan atau tata cara dalam mendirikan usaha di Jepang:

Prosedur Mendirikan Usaha di Jepang

  • Mengajukan pengotentifikasian anggaran dasar di kantor notaris Jepang. (orang Jepang atau orang yang mewakili).
  • Melampirkan anggaran dasar, mengajukan aplikasi (Visa Business Manager) 4 bulan untuk memperoleh izin.
  • Mempunyai kartu izin tinggal dan mendaftarkan diri untuk mendapat surat kependudukan.
  • Memlampirkan kartu izin tinggal, anggaran modal dasar, stempel bank perusahaan, dan membuat rekening bank perusahaan.
  • Menginvestasikan sejumlah uang pada rekening bank yang sudah di buka sebelumnya( Sekitar 5 juta Yen atau lebih).
  • Mendaftarkan perusahaan ke kantor kehakiman setempat.

Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi Visa

  • Salinan daftar anggota direksi perusahaan yang ditetapkan pada anggaran dasar atau hasil rapat pemegang saham sebelumnya.
  • Salinan sertifikat perusahaan yang didapat saat pendaftaran sebelumnya. Jika perusahaan belum didaftarkan, dan dengan visa 4 bulan, salinan dari dokumen yang menyatakan bahwa Anda akan memulai bisnis seperti salinan anggaran dasar.
  • Dokumen yang menunjukkan alamat dan keberadaan kantor perusahaan. Jika belum mempunyai surat perjanjian sewa dan juga belum mempunyai visa 4 bulan, bisa dengan meminta dokumen dari perusahaan properti yang mengerjakan bangunan kantor dengan menyatakan bahwa bangunan akan digunakan oleh perusahaan anda.
  • Salinan Planing bisnis, sesuai dengan jenis dan ukuran usaha, dan dokumen lainnya juga dibutuhkan sebagai pelengkap.

Untuk artikel mendapatkan visa jepang anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang Cara Membuat dan Mengurus Visa Jepang.

Tips Membuka Usaha dan Memasuki Pasar Jepang

Salah satu hal terpenting dalam memulai uasha atau bisnis di Jepang adalah menetapkan sikap konsisten pada pola pikir jangka panjang agar mudah bekerjasama dengan para pengusaha Jepang. Tujuan membangun suatu kerangka kerja yang kuat adalah agar mudahnya bertransaksi bisnis dengan mitra bisnis yang berkelanjutan, jadi bukan hanya sekedar hubungan bisnis yang sesaat atau transaksi jangka pendek. Bagi para pengusaha jepang Komitmen adalah hal yang penting yang menjadi landasan yang efektif yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis antar negara.

1. Kesesuaian Produk

Produk Anda harus bisa menyesuaikan dengan selera masyarakat Jepang (terkait mutu, desain, warna, kemasan maupun harga). Karena Alasan itulah kita sering melihat orang-orang berpakain rapih berkeliling perumahan, pertokoan atau tempat tempat ramai. riset pasar adalah hal terpenting sebelum membuat produk dan menjualnya kepasaran. dalam pengembangan dan pemasaran produk Anda dituntut dapat menyesuaikan dengan ciri-ciri dan karakter masyarakat Jepang.

2. Persaingan

Menurut data, pasar di Jepang sensitif terhadap harga dan kualitas barang. Sangat Penting untuk diperhatikan adalah apakah produk Anda kelak akan mampu bersaing dengan produk sejenis yang sudah beredar dipasaran dan apakah kualitas bahan baku produk Anda tersebut sudah memenuhi persyaratan di Jepang. mengingat jepang adalah negara yang sangat sentimen terhadap kualitas.

3. Strategi

Menentukan Strategi sebelum memasuki pasar Jepang adalah hal mutlak yang perlu analisis yang mendalam tentang pesaing dan produk Anda sendiri, seperti poin pertama, riset tentang harga pasar, selera pasar, pangsa pasar, budjet promosi dan periklanan, atau banyak hal lainnya tergantung jenis dan bidang usaha anda.

4. Metode Memasuki Pasar Jepang

Pemilihan metode yang tepat sebelum memasuki pasar Jepang merupakan keputusan berjangka yang harus konsisten. Dan juga metode tersebut sudah diuji dengan alternatif didalamnya sebagai bagaian jika ada kendala saat pelaksanaannya kelak. Penentuan metode yang cocok bisa disesuaikan dengan budjet usaha anda. anda harus menyisihkan anggaran dari keseluruhan modal yang ditanamkan agar hasil sesuai yang diinginkan. Banyak metode dasar dalam membangun usaha anda contohnya dengan melakukan hubungan langsung dengan para pengusaha eceran di Jepang, Beberapa pengusaha kecil di Jepang mulai menggunakan metode ini yang memungkinkan bagi mereka untuk memperoleh produk lebih murah untuk dijual kembali. Atau dengan metode pemasaran lewat katalog, brosur atau bentuk penjualan langsung lainnya. Kelebihanya Konsumen dapat berbelanja melalui media majalah, televisi atau internet. Dalam menjalankan metode seperti ini anda harus memberikan pelanggan pilihan pembayaran via kartu kredit.

Dan untuk meminimalisir biaya kirim dan transportasi manfaatkanlah hubungan dengan pengusaha manufaktur dan logistik Jepang. Melakukan hubungan dengan mereka, anda akan menikmati jaringan distribusi dengan biaya yang lebih murah. Sejumlah aspek penting harus menjadi bahan pertimbangan dalam memilih calon mitra-usaha di Jepang. seperti jangkauan distribusi, tarif, staf, dan keuntungan jika berbisnis dengan mereka.

Itulah artikel tentang cara membuka usaha atau bisnis di jepang, dirangkum dari berbagai sumber dan rujukan agar menghasilkan informasi yang padat dan jelas. dan semoga bermanfaat 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *