Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Otodidak

Posted on

Belajar bahasa Jepang memang bukan suatu hal yang mudah, pasalnya selain mempelajari bahasanya kita juga harus terlebih dahulu mempelajari huruf yang dipakai. Saat ini, untuk bisa memahami dan mahir berbahasa Jepang Anda bisa melakukannya melalui tempat-tempat kursus yang banyak tersedia. Namun demikian, tentu bukanlah hal yang murah untuk mempelajari bahasa Jepang melalui tempat kursus. Tak heran jika banyak oang yang memilih untuk mempelajarinya secara otodidak dengan berbagai cara.

Belajar Bahasa Jepang Otodidak
Belajar Bahasa Jepang Otodidak

Memahami Abjad dan Aksara Jepang

Cara cepat belajar bahasa Jepang otodidak dapat Anda mulai dengan mengkokohkan niat. Pasalnya dengan niat yang kuat proses belajar yang tidak gampang nantinya akan Anda lalui dengan mudah. Untuk memulai belajar bahasa Jepang, tentu Anda harus memulai untuk memahami tulisan Jepang yang bisa dibilang cukup asing dan berbeda dengan tulisan huruf latin. Di Jepang sendiri ada beberapa jenis huruf yang digunakan yakni huruf Katakana, Hiragana dan Kanji. Masing-masing dari huruf tersebut memiliki penulisan yang berbeda-beda. Nah, untuk mengetahuinya mari kita simak beberapa ulasan di bawah ini.

  • Memahami Abjad Jepang Kanji

    Huruf Kanji mungkin menjadi salah satu huruf Jepang yang hingga saat ini masih dipakai sebagai aksara modern di Jepang. Huruf Kanji sendiri bisa dibilang cukup rumit karena memiliki lebih dari 2000 karakter. Di mana, dari banyaknya karakter tersebut huruf Kanji memiliki 5 tingkatan yakni n5, n4, n3, n2, n1. Untuk memahami abjad Jepang Kanji ini, Anda bisa memulainya melalui tingkatan n5. Di mana, tingkatan tersebut merupakan tingkatan termudah dari abjad Kanji.
    Kanji sendiri merupakan aksara yang berasal dari China yang masuk ke Jepang semenjak abad ke 3 masehi melalui jalur perdagangan. Sejarah lain mengataan jika Kanji sudah dikenal mayarakat Jepang semenjak abad 1 masehi. Hal tersebut terbukti dari berbagai prasasti yang ditemukan di daerah Kyushu yang telah menggunakan huruf Kanji.

  • Memahami Abjad Jepang Katakana

    Katakana merupakan huruf yang pada masa lalu hanya digunakan sebagai aksara khusus untuk kaum pria. Seiring perkembangan jaman, aksara Katakana kini bisa digunakan oleh semua kalangan baik pria maupun wanita. Katakana sendiri pertama kali dibuat pada abad ke 8 masehi yang bertujuan untuk menyederhanakan Kanji yang dinilai sangat rumit.
    Untuk memahami abjad Jepang Katakana ini memang tidak sesulit atau serumit Kanji. Pasalnya, huruf ini bisa dibilang menjadi jenis huruf Jepang yang paling mudah dipelajari selain Hiragana. Katakana sendiri biasanya digunakan untuk menulis nama, nama binatang, nama kota luar negeri, nama tumbuhan, dan nama-nama orang asing.

  • Memahami Abjad Jepang Hiragana

    Hiragana merupakan huruf Jepang yang paling mudah untuk dipelajari. Tidak heran jika untuk memahami abjad Jepang Hiragana ini terbilang cukup mudah. Hiragana sendiri pada awalnya merupakan abjad yang digunakan sebagai aksara khusus untuk para wanita. Salah satu ciri khas dari aksara Hiragana ini adalah coretan-coretan yang melengkung. Semenjak abad 10 huruf ini secara resmi dipakai secara luas untuk semua kalangan.
    Meskipun terlihat hampir mirip, antara Hiragana dan Katakana sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Di mana salah satunya bisa dilihat dari penggunaannya yang berbeda diantara keduanya. Jika Katakana digunakan untuk menulis kata-kata asing, Hiragana ini biasanya digunakan untuk menulis kata-kata asli bahasa Jepang. Perbedaan juga bisa kita lihat dari cara menulis diantara keduanya yang berbeda. Di mana dalam menulis Hiragana ini cenderung dinamis dan luwes.

Melatih Pendengaran Kalimat Bahasa Jepang

Bahasa Jepang sendiri merupakan salah satu bahasa yang sulit didengar, apalagi jika diucapkan dalam tempo cepat. latihlah diri anda dengan membiasakan diri mendengarkan istilah atau percakapan bahasa Jepang. Ada banyak cara untuk melatih kemampuan listening anda secara otodidak . Anda bisa memulai belajar mendengarkan bahasa Jepang dari radio, film atau lagu Jepang. Dengan melatih diri dengan cara ini, Diharapkan anda terbiasa dan mulai bisa mengerti kosa kata bahasa Jepang dengan baik.

Melatih Pengucapan Kalimat Bahasa Jepang

Setelah anda memahami abjad jepang dari kanji, hiragana dan katakana dan terbiasa mendengarkan bahasa jepang. Mulailah belajar pengucapan dengan mempraktikkan atau dengan meniru kata-kata berbahasa Jepang yang sering anda temui. Contohnya dengan lirik lagu ataupun film, Sambil mendengarkan lagu tersebut, baca dan nyanyikanlah. Di tahap ini otomatis anda mempraktikkan cara mendengarkan sekaligus berbicara. kemudian mulailah percaya diri dengan sering bercakap cakap dalam bahasa jepang. anda bisa mencari orang yang sama sama belajar bahasa jepang atau langsung berkomunikasi dengan orang jepang langsung di sosial media. jika anda rutin melatih diri mengucapkan kalimat dalam bahasa jepang anda akan cepat bisa berbicara bahasa jepang.

Memperbanyak Kosakata Bahasa Jepang

Langkah selanjutnya adalah memperbanyak kosakata bahasa jepang. jika anda sudah memahami abjad jepang, bisa mendengarkan bahasa jepang dan lancar dalam pengucapan bahasa jepang anda perlu juga memperkaya kosakata bahasa jepang anda. mempelajari terlebih kata kata yang mirip biasanya lebih mudah diingat dan efektif.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami dari huruf-huruf yang di pakai di Jepang. Dalam cara cepat belajar bahasa Jepang otodidak, salah satu yang harus Anda kuasai terlebih dahulu adalah huruf atau aksara. Pasalnya, dengan aksara atau huruf yang berbeda dengan huruf latin tentu akan membuat kita kesulitan jika tidak mempelajarinya di awal.

Dengan memahami huruf Jepang tersebut, Anda bisa dengan mudah membaca kalimat yang dirangkai dengan menggunakan huruf tersebut. Nah, dengan memahami atau mampu membaca suatu kalimat, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengartikannya. Sekian ulasan yang bisa kami berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *